Andrinof A.Chaniago
Direktur Eksekutif CIRUS Surveyors Group

Direktur Eksekutif CIRUS Surveyors Group ini juga berstatus sebagai pengajar pada program S1 dan S2 Departemen Ilmu Politik FISIP UI. Dalam dunia penelitian survei, ia termasuk salah satu dari sedikit peneliti yang memiliki pengalaman cukup panjang karena sudah mulai menangani pekerjaan sebagai Ketua Tim semenjak tahun 1993. Ia juga terlibat dalam persiapan survei perdana Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dibiayai oleh Japan International Corporation Agency (JICA). Dalam Musyawarah Nasional (Munas) I Perhimpunan Survei Opini Publik (PERSEPSI) pada akhir Januari 2009 lalu terpilih sebagai Ketua Umum perhimpunan tersebut. Saat ini, ia juga telah merumuskan sebuah naskah Visi Indonesia 2033 bersama beberapa akademisi muda.

Andrionof A.Chaniago menyelesaikan pendidikan S-1 dari jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, dan S-2 dari program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, serta mendapat Diploma The National Development Courses dari Fu Hsing Kang Collage, Taipei, Taiwan (2004). Ia juga pernah mengikuti kuliah-kuliah singkat (Short Courses) dan Training, antara lain, tentang Economic Globalization di Wuhan, China, 2007; Taiwan Economic Development and Planning di Taipei, Taiwan, 2006; Sustainable Urban Development di Touyuan City, Taiwan, 2004; dan Conflict Median, di Oslo dan Troms O, Norwegia, 2003.

Karyanya yang pernah diterbitkan adalah buku berjudul, Gagalnya Pembangunan : Kajian Ekonomi Politik Akar Krisis Indonesia (LP3ES, Jakarta, 2001), dan sejumlah tulisan pada buku, jurnal dan media massa.

Ian Suherlan
Sekretaris Eksekutif
Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2003) dan Pascasarjana Ilmu Politik FISIP UI (2007). Sejak 2005, aktif melakukan riset kualitatif dan kuantitatif, khususnya isu-isu yang berkaitan dengan kebijakan publik dan otonomi daerah. Pengalamannya antara lain menjadi anggota tim penelitian kegiatan penelitian yang diselenggarakan Pokja Papua (2005), Transparansi International Indonesia (2006), The Habibie Center (2007), Bappeda Kota Tarakan (2008), dan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (2008). Selama 2009, menjadi anggota jaringan Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (Mp3) yang intens mendiskusikan RUU Pelyanan Publik. Kini menjadi Staf Khusus Pengurus Harian Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) dan Sekretaris Tim Visi Indonesia 2033.
Kadek Dwita Apriani
Direktur Riset
Salah satu lulusan berprestasi dari Program Studi Ilmu Politik UI tahun 2010. Memiliki ketertarikan terhadap dunia penelitian khususnya bidang perilaku pemilih dan politik lokal. Sejak 2009 telah melakukan beberapa riset yang berkaitan dengan dua bidang tersebut. Salah satu hasil penelitiannya berjudul "Pengaruh Faktor Soroh dan Kualitas Kandidat terhadap Pilihan Politik Masyarakat Denpasar dalam Pemilihan Gubernur Bali Tahun 2008". Ketertarikan tersebut diperdalam lagi dalam penelitian tesisnya yang berujuk "Pengaruh Faktor Identifikasi Partai Politik dan Figur dalam Pemilukada Tabanan tahun 2010" yang mengantarkannya sebagai lulusan termuda dan tercepat dengan predikat magna cum laude dari Program Pascasarjana Ilmu Politik UI tahun 2012.
Eka Vidya Putra
Peneliti
Sejak mahasiswa aktif melakukan pelbagai penelitian sosial. Lulusan S-1 pada Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas Padang (1999) dan S-2 Program Pascasarjana Ilmu Politik UI (2005). Dosen sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatra Barat ini kini sedang menempuh program doktor (S-3) pada Program Pascasarjana Sosiologi FISIP UI. Selama menempuh pendidikan S-2 ia menjadi peneliti Center for Indonesia Religion and Urban Studies (CIRUS) dengan konsentrasi bidang gerak sosial dan aktif mengamati gerakan mahasiswa. Hasil pengamatan dan risetnya itu menjadi buku berjudul Gerakan Mahasiswa (2005). Melakukan survei sejak tahun 2004, antara lain : Survei Tingkat Kepuasan Konsumen (PIRAC, 2004), Survei Politik Lokal (LSI, 2005), Survei Pra-Pilkada Tanah Datar (2005), Survei Pra-Pilkada Jambi (2005), Survei Pra-Pilkada Payakumbuh (2007), Survei Pra-Pilkada Pariaman (2007).


M. Iqbal Djajadi
Peneliti
Mendapat gelar sarjana (1998) dan master sosiologi (1999) dari FISIP UI. Kini sendang dalam tahap menyelesaikan program doktor di Radboat Universitas Nijmegen, Belanda. Kegiatan penelitiannya antara lain "Sosial-Budaya Studi di Perkebunan Kelapa Sawit di Kalimantan Barat (2000-2001)". Karyanya antara lain : Kerusuhan & Reformasi (KESAWAHAN); Kisah Perjuangan Reformasi, (ed.), Pustaka Sinar Harapan, 1999; Kondisi Integrasi Indonesia selama Reformasi; Menuju Tata Indonesia Baru, (ed.), Gramedia, 2000; dan "Kekerasan Etnik dan Perdamaian Etnik: Menelaah Penyelesaian Tindakan Pidana Lintas Etnik di Kalimantan Barat 1999-2003", Jurnal Sosiologi Masyarakat, 2004. Pernah menyampaikan makalah dalam seminar international di Leiden, Belanda berjudul "The Dynamic of Violence : A Study of Relationship Among Ethnic Violence, Ethnic Conflict and Criminality in West Kalimantan," dan "I am Dayak People : The Fall & Rise of Ethnicity Identity & Identity Politic) (Oktober 2004)
Ikhsan Darmawan
Peneliti
Lulusan dari Jurusan Ilmu Politik FISIP UI (2005) dan Program Magister Ilmu Politik Universitas Diponegoro (2008). Ketertarikannya di bidang pemilu dan survei dimulai sejak di bangku kuliah dengan menulis skripsi berjudul "Faktor Kinerja Incumbent dalam Penentuan Pilihan Presiden : Studi Kasus Mahasiswa S1 Reguler FISIP UI dalam Pemilu Presiden 2004 Tahap II" dan tesis berjudul "Manajemen Resolusi Konflik dalam Pemilihan Kepala Daerah : Studi Kasus Pilkada Kota Yogyakarta dan Pilkada Kabupaten Jepara". Pengalaman risetnya antara lain : Pemantauan Pilkada Kota Depok, (Puskapol UI, 2005), "Penelitian tentang Pembangunan di kalimantan Timur" (Puskapol UI, 2006), Survei Nasional Perilaku Pemilih Menjelang Pemilu Legislatif 2009 (Puskapol UI, 2009), dan Survei Nasional Perilaku Pemilih Menjelang Pemilu Presiden 2009 (Puskapo, 2009). Sejak 2005 menjadi pengajar di Jurusan Ilmu Politik FISIP untuk mata kuliah "Pengatar Ilmu Politik", "Sistem Politik Indonesia" dan "Sistem Perwalian Politik".
Kartika Hastuti
Sekretaris
Lulusan Program Studi Ilmu Politik FISIP UI tahun 2012. Menulis skripsi mengenai ekonomi politik berjudul "Perubahan Kebijakan dalam Implementasi Program 1.000 Menara di Wilayah DKI Jakarta tahun 2007-2010." Memiliki ketertarikan terhadap dunia penelitian kuantitatif dan kualitatif, khususnya yang berkaitan dengan perilaku pemilih dan politik perkotaan. Telah terlibat dalam berbagai kegiatan survei, diantaranya Survei Pelayanan Publik PLN Disjaya (Puskapol UI, 2010), Survei Pra-Pemilukada DKI Jakarta (2012), Survei Pra-Pemilukada Kalimantan Timur (2012), dan Survei Nasional tentang Demokrasi di Indonesia (LIPI, 2012).