Profil Kami

Survei adalah cara untuk mengetahui cara pandang masyarakat dengan metode ilmu pengetahuan yang telah teruji secara empiris maupun penalaran para ahli. Dengan menarik sampel berdasarkan prinsip acak (random) dan pelaksanaan survei lapangan yang terkelola dengan baik, akan didapatkan cara pandang sekumpulan responden yang terpilih tidak akan jauh berbeda dari cara pandang populasi keseluruhan.

Dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan survei di atas, CIRUS Surveyors Group (CSG) telah menghasilkan temuan-temuan tentang cara pandang masyarakat yang kemudian dibuktikan oleh perhitungan riil, seperti hasil Pilkada, atau sesuai dengan perhitungan nalar akademik. Hal ini tentu hanya mungkin didapat karena Tim Peneliti CSG berkomitmen menegakkan prinsip-prinsip akademik peneyelenggaraan survei dan menjaga pelaksanaan pengumpulan data lapangan dengan metode pengawasan dan pengendalian yang ketat.

 CSG adalah lembaga yang sangat mempercayai bahwa perolehan hasil survei yang akurat dan layak dipercaya hanya bisa didapat dari komitmen pelaksana survei untuk menjaga tegaknya prinsip-prinsip ilmiah dan penggunaan tenaga-tenaga yang mau bekerja secara profesional. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai (internalisasi) etika survei, pemahaman prinsip-prinsip ilmiah dalam penyelenggaraan survei, dan pengembangan kemampuan profesional ke dalam diri setiap tenaga survei menjadi perhatian penting lembaga.

Menjadi lembaga  yang punya nilai lebih di mata pengguna jasa survei adalah keinginan dari CSG. Salah satu kelebihan lembaga ini adalah karena dipimpin dan diisi oleh orang-orang yang tidak hanya paham dan berpengalaman dalam kegiatan survei, tetapi juga orang-orang yang menguasai isu-isu kebijakan publik. Dalam rangka itu juga, CSG selalu membekali para personel lapangannya dengan pengetahuan teori-teori sosial secara memadai. Oleh kngkrena itu, kegiatan diskusi internal, membaca buku, dan melakukan observasi lingkungan sosial, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan reguler personel CSG.

Di tengah masyarakat yang sangat majemuk dan dinamis, pembuat kebijakaan, polotis, perencana bisnis, pemimpin organisasi, calon-calon pemimpin bangsa dan sebagainya, tentulah sangat membutuhkan hasil-hasil survei yang didapat dari prinsip-prinsip kerja di atas. Karena, menurut hemat kami, hanya dengan hasil-hasil survei dari cara kerja seperti itulah yang akan membantu pihak-pihak yang disebutkan di atas dalam menyusun rencana kerja, mengembangkan program, mengambil keputusan penting, dan sebagainya.